Mengekpresikan Diri dalam Seni

Picture

Gambar 1 Suasana Acara Biang Live #4 There is No Box di De Gallerie, Jakarta Selatan.
Sumber : Dok. SKETSA

Pentingnya komunitas untuk saling bertukar pikiran dan menambah wawasan dalam dunia desain, menjadikan komunitas Biang Desain ini membuka sharing session live yang mengajak berbagai narasumber untuk membagikan ilmunya. Sebelumnya, acara ini bermula dari sebuah komunitas Facebook yang berdiri sejak tahun 2010 di mana merupakan sarana diskusi mahasiswa School of Design (SoD) Universitas Pelita Harapan (UPH). Komunitas ini kemudian melebarkan sayapnya dan terbuka bagi seluruh masyarakat umum yang ingin berdiskusi di forum lintas desain dan arsitektur ini.

Dengan mengusung tema “There is No Box”, Biang Live kali ini diadakan pada tanggal 16 Agustus 2018 bersama narasumbernya Raul Renanda, beliau mengungkapkan proses berkesenian ketika ia mengelola rasa arsitekturalnya. Selain itu terdapat demo sketsa cepat dan presentasi proses mendesain piano buatan pengrajin Indonesia, yang merupakan hasil kerjasama dengan musisi Wong Aksan. Beberapa lukisan karya Raul Renanda dengan tema “Kertas” juga secara khusus ditampilkan, dimana lukisan-lukisannya diabadikan secara berbeda di atas kertas.​

Picture

Gambar 2 Para Biang dalam Biang Live #4 There is No Box
Sumber : Dok. SKETSA
​Diskusi kali ini membahas bahwa dalam mendesain kita tidak memiliki batasan apapun karena kita adalah sama, tidak ada kotak yang memisahkan dan membatasi kita. “Everything is about expression. What we are, what we do for people,” ujar Raul Renanda yang menyampaikan bahwa apapun hasil karya kita merupakan bentuk kita dalam mempublikasikan sesuatu yang positif bagi diri kita dan juga bagi masyarakat luas. Beliau juga menambahkan bahwa sebagai seorang arsitek, kita harus dapat menampilkan jati diri kita karena arti sebuah desain merupakan pengekspresian diri digabungkan dengan ilmu arsitektur yang berupa konsep, perencanaan, dan hasil.

Picture

Gambar 3. Foto Bersama Raul Renanda dan Peter Y.G.
Sumber : Dok. SKETSA
Cara penyampaian tiap orang dalam mendesain berbeda-beda, kita harus menciptakan karya semaksimal mungkin dan meyakinkan diri sendiri atas hasil karya kita sebelum meyankinkannya kepada orang lain. Oleh karena itu, kita sebagai seorang desainer tidak perlu takut dalam menyampaikan sebuah ide. Pesan singkat dari seorang Raul Renanda, “Push yourself for the best.” Sudahkah kalian memaksimalkan apa yang Anda miliki ? (CA)