Picture

Picture

Gambar 1. Pembukaan Jakarta Architecture Triennalle oleh Ibu Ratna  dan Andra Martin saat menjelaskan instalasi rancangannya (kanan) (sumber: dok.pribadi)

Pada hari Minggu, 15 November 2015, SKETSA berkesempatan mengunjungi opening Jakarta Architecture Triennalle dan Penempatan Instalasi Playful Urban Intervention di Plaza Taman Tebet. Acara ini berlangsung pada pukul 07.00 WIB dan diawali dengan kata sambutan oleh Ibu Ratna selaku perwakilan dari Dinas Pertamanan DKI Jakarta. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penjelasan instalasi oleh Andra Martin selaku arsitek disertai pelepasan balon sebagai tanda pembukaan instalasi.

Panel instalasi kaca yang memantulkan pohon disekitarnya diletakkan di tengah taman dengan susunan kaca membentuk ruang didalamnya, sehingga pengunjung dapat melihat pantulan-pantulan dirinya. Konsep instalasi ini ialah sebagai objek untuk memperkenalkan taman keseluruh kalangan masyarakat; bahwa taman, tidak hanya berfungsi sebagai arena untuk jogging saja, melainkan pengunjung juga dapat datang berkunjung, bermain, serta berfoto-foto di instalasi tersebut. “Dengan adanya objek tersebut kami sekaligus bereksperimen untuk mengintervensi ruang publik agar lebih playful”, jelas Andra Martin yang akrab disapa Mas Aang.

​Taman seluas 1800m2 yang dulunya merupakan hutan kota tak terawat ini menjadi arena berolahraga, bermain, serta active zone bagi semua kalangan setelah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Bapak Fauzi Bowo, tahun 2010. Setelah sesi tanya jawab, acara ditutup pada pukul 08.30 WIB dengan foto-foto serta pembagian snack oleh panitia. (SE)

Picture

Gambar 2. Foto bersama saat penutupan acara (sumber: dok.pribadi)