Picture

​Gambar 1. Koridor yang menjadi perantara sebelum menuju area kedua, sekaligus sebagai area perjalanan karya Andramatin Studio (Sumber: dok. SKETSA)

Dalam rangka merayakan 20 tahun perjalanan Andramatin Studio, Andra Matin mengadakan pameran pada tanggal 27 November – 11 Desember 2019 di Galeri Nasional, Jakarta Pusat. Pameran ini terbagi menjadi delapan bagian di dalam dua bangunan galeri yang menceritakan refleksi hidup kiprah Andramatin Studio dengan menampilkan lebih dari 800 karya-karya dalam wujud foto, dan maket skala 1:200. Andra Matin sendiri berharap bahwa masyarakat dapat mengapresiasi, serta mempelajari secara langsung karya-karya arsitektur dan kehidupan studio melalui pameran ini.

Picture

Gambar 2. Maket Bandar Udara Banyuwangi skala 1:200 (Sumber: dok. SKETSA)

Area pertama merupakan lorong yang menampilkan foto-foto karya Andramatin studio sejak tahun 1988. Kemudian, ada area kedua dan ketiga yang menampilkan karya-karya terkini seperti Bandar Udara Banyuwangi dan Sayembara Revitalisasi Monas. Pengunjung juga diperbolehkan untuk dapat berfoto dengan instalasi dinding rooster di area ketiga yang seakan-akan memberi kesan luas tanpa batasan.

Picture

Gambar 3. Instalasi dinding rooster yang seakan-akan tanpa batas ruang (Sumber: dok. SKETSA)

Pada area keempat pengunjung dapat melihat beberapa material beserta cara pemasangan yang pernah digunakan dalam beberapa proyek Andra Matin seperti kisi-kisi kayu, daun jendela bekas pada fasad restoran Potato Head Bali, detail pemasangan rangka atap kayu, serta detail pemasangan dinding bata dengan menggunakan besi tanpa acian.

Picture

Gambar 4. Beberapa contoh dinding bata beserta cara pemasangannya yang pernah digunakan dalam proyek (Sumber: dok. SKETSA)

Kemudian, setelah berpindah ke bangunan B yang merupakan empat bagian pameran terakhir yang menampilkan replika ruang kerja di Andramatin Studio, lengkap dengan gambar kerja dan komputer. Disini pengunjung dapat menempelkan sticky notes sebagai kesan dan pesan, serta harapan kepada Andramatin Studio dan arsitektur di Indonesia.

Picture

​Gambar 5. Suasana replika area kerja Andramatin Studio yang berada di Gedung B Galeri Nasional, Jakarta Pusat (Sumber: dok. SKETSA)

Picture

​Gambar 6. Sekumpulan kertas yang berisi beberapa harapan oleh pengunjung yang ditempel pada dinding replika area kerja Andramatin Studio (Sumber: dok. SKETSA)