Institut Français Indonesia, 27 Juli 2019

Selasar Arsitektur merupakan sebuah sesi diskusi arsitektur tahunan yang pertama kali diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur Adhisthana – Universitas Trisakti. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah ‘Generasi Muda Arsitektur’.

Tema acara kali ini ditujukan untuk generasi muda yang berkecimpung di bidang arsitektur, tidak hanya praktisi namun juga non-praktisi. Maka, pembicara yang diundang adalah tokoh arsitektur dengan ragam spesialisasi yang berbeda.

Picture

Gambar 1. Acara diskursus “Generasi Muda Arsitektur” pembicara oleh Relan Masato, Realrich Sjarief, Imelda Akmal, dan Danny Wicaksono. (Sumber: dok.Panitia Selasar Arsitektur 2019)
Selasar Arsitektur 2019 ini berlangsung pada hari Sabtu, 27 Juli 2019 dari pukul 13.30 hingga pukul 17.30 WIB di Auditorium Institut Français Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat.

Picture

Gambar 2. Selasar Arsitektur 2019 (Sumber: dok.Panitia Selasar Arsitektur 2019)

​Acara ini dibagi menjadi dua sesi, dimana masing-masing sesinya diisi oleh dua pembicara. Pada sesi pertama, disampaikan materi mengenai Pendidikan Arsitektur oleh Danny Wicaksono, dan bidang Keprofesian Arsitek oleh Relan Masato. Sebelum berakhirnya sesi pertama, terdapat presentasi singkat dari MRT Jakarta sebagai pendukung acara Selasar Arsitektur. kemudian sesi ditutup dengan coffee break.

Sesi kedua dimulai dengan materi dari bidang non-praktisi yang disampaikan oleh Imelda Akmal, dan dilanjutkan dengan materi terakhir oleh arsitek Realrich Sjarief. Di penghujung acara terdapat sesi tanya jawab oleh seluruh narasumber agar dapat menyampaikan pandangannya kepada para peserta. Sesi tanya jawab ini dilanjutkan dengan foto bersama, yang sekaligus menjadi akhir dari acara Selasar Arsitektur 2019.