​Pada hari Rabu, 2 Desember 2015, SKETSA berkesempatan mengunjungi talkshow yang menjadi rangkaian acara Jakarta Architecture Triennale. Acara ini berlangsung pukul 08.30 WIB – 21.00 WIB di Nine Ballroom, UOB Plaza. Topik pembahasan mengangkat tema Tropical Attitude In Urban Development and Contemporary Practice dan terbagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama diawali dengan sambutan dari Bapak Steve J. Manahampi sebagai Ketua IAI Jakarta dan dilanjutkan dengan pembahasan tentang Implementasi Peraturan Bangunan Gedung yang Layak Huni dan Fungsional. Sesi pertama diakhiri dengan pemberian souvenir dan foto bersama pembicara kemudian dilanjutkan dengan makan siang.

Gambar 1. Manit Rastogi (kiri), Budiman Hendropurnomo (tengah), dan Jason Pomeroy (kanan) sebagai pembicara sesi 2 pada Talk’s hari kedua
Acara dilanjutkan kembali pukul 13.00 WIB dan memasuki sesi kedua yang dibawakan oleh Bapak A. Tardiyana sebagai moderator. Lalu acara diisi dengan presentasi oleh Bapak Budiman Hendropurnomo (Indonesia)  mengenai Recycling Abandoned Tower, Prof. Jason Pomeroy (Singapura) mengenai The Tropical City on the Future, dan Bapak Manit Rastogi (India) mengenai Tropical Innovation. Presentasi berlangsung hingga pukul 15.25 WIB kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pemberian souvenir dan foto bersama hingga pukul 16.05 WIB.
Setelah break selama 25 menit, acara memasuki sesi ketiga dengan membahas Tropical Attitude in Contemporary Practice yang dibawakan oleh Bapak Setiadi Sopandi  dan diisi oleh presentasi mengenai Lokalitas dan Berkelanjutan oleh Bapak Paulus Mintarga, Lokal Optimal oleh Bapak  Effan Adhiwira, dan Hamemayu Hayuning Buwana oleh Bapak Eko Prawoto. Acara ditutup dengan sesi tanya jawab, pemberian souvenir serta foto bersama. Kemudian pengunjung dipersilahkan menikmati santapan malam pada pukul 19.35 WIB. (SE)