Jenis Proyek : Komersil
Arsitek : Ed Tuttle
Lokasi : Magelang, Indonesia
Tahun Berdiri : 1997

Amanjiwo Resort Hotel merupakan resort berbintang 5 yang terletak di Desa Majaksingi, Magelang. Dalam bahasa lokal sendiri, “Amanjiwo” berarti “jiwa yang damai”. Karena lokasinya yang dikelilingi hutan tropis, resort ini membuat pengunjung yang datang merasa sejuk, nyaman, dan tenang. 

Konsep Desain
Amanjiwo memiliki gaya arsitektur neo vernakular yang diadaptasi dari desain arsitektur Budha-Jawa pada Candi Borobudur. Sang arsitek menerapkan nilai-nilai tersebut pada berbagai elemen arsitektural bangunan, seperti pada material dan pada tatanan massa bangunannya sehingga konteks budaya dalam kawasan ini sangat terasa. Sebagai contoh, peletakan massa bangunan Amanjiwo dirancang menyebar membentuk setengah lingkaran dan atapnya dibuat berkubah menyerupai bentuk stupa pada Candi Borobudur. Saat memasuki resort ini, pengunjung akan disambut oleh atrium berbentuk lingkaran dengan langit-langit yang menjulang tinggi. Kemudian, di dekat area resepsionis terdapat perpustakaan yang bergaya Moor dengan pola-pola geometris yang tegas. Ruang yang dipenuhi cahaya ini seringkali dijadikan tempat diadakannya seminar mengenai pelestarian candi dan budaya Jawa untuk para pengunjung.

Amanjiwo Wedding - A dream come true and must see wedding!
Amanjiwo Resort Hotel
(Sumber: lukaspiatek.com)


Bangunan Utama Amanjiwo
(Sumber: .luxuryexplorer.com)

Amanjiwoo's library - Picture of Amanjiwo, Borobudur - Tripadvisor
Perpustakaan Amanjiwo
(Sumber: tripadvisor.com)

Material
Resort ini dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu bangunan utama yang terdiri dari area resepsionis, perpustakaan, restaurant, dan bar, lalu pool club, dan juga 36 kamar yang tersebar membentuk setengah lingkaran. Penggunaan material alami setempat digunakan pada keseluruhan bagian bangunan sehingga memunculkan kesan dekat dengan alam tetapi tetap mencerminkan budaya sekitar. Bangunan utama dan kamar-kamar tampak menonjolkan lantai terrazzo dan dinding dari batu paras Jogja, suatu jenis batu kapur yang berasal dari Gunung Kidul, Yogyakarta. Di samping itu, area kolam renang di Amanjiwo juga menggunakan material batu hijau Jawa yang mencerminkan perladangan sawah.

Pool Club Amanjiwo
(Sumber: santaibanget.com)

Lobby at the Amanjiwo Hotel | Arsitektur, Indonesia, Rumah
Lobby Amanjiwo
(Sumber: i.pinimg.com)

AMANJIWO RESTAURANT, Borobudur - Restaurant Reviews, Photos & Phone Number - Tripadvisor
Restaurant Amanjiwo
(Sumber: .tripadvisor.com)

Amanjiwo In Borobudur - Surreal Buddhist Sanctuary In Java
Rotunda Bar
(Sumber: uniqhotels.com)

Pengalaman Ruang
Nilai konteks dengan lingkungan sekitar tidak hanya terasa pada penggunaan material bangunan Amanjiwo. Letak resort yang terpencil dan dikelilingi oleh perbukitan memberikan sensasi menenangkan, serta privasi tanpa batas bagi pengunjung. Di bagian atrium, langit-langit yang tinggi, barisan tiang yang megah, serta dinding yang terbuka, memungkinkan udara untuk masuk dan bersirkulasi. Setiap kamar bukan hanya didesain klasik, melainkan juga menciptakan kesan yang menyatu dengan alam. Pengunjung dapat melihat keindahan Candi Borobudur dan pemandangan dari segala arah karena resort ini dikelilingi oleh Bukit Manoreh yang asri. Tidak hanya itu, pada bagian barat juga terdapat Gunung Sumbing dan Gunung Sundoro yang sangat mempesona. Bersama dengan kemegahan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi pada bagian timur, pengunjung akan semakin dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah.

Quiet, isolated and beautiful place. Some traditional food was disappointing
Kamar Amanjiwo
(Sumber: tripadvisor.com)


Kamar Amanjiwo
(Sumber: hotelmurah.com)

10 Fakta Megahnya Resort di Hutan Borobudur, Tempatnya Seleb Dunia!
Pemandangan Borobudur dari Amanjiwo
(Sumber: idntimes.com)

Perpaduan antara budaya lokal dengan material setempat berhasil membawa pengunjung seakan kembali ke masa lampau, tetapi dalam tatanan yang lebih modern dengan menampilkan kesan candi pada bangunan Amanjiwo. Resort ini tidak hanya menyediakan penginapan yang mewah, tetapi juga menawarkan pengalaman yang mengesankan dari suasana percampuran antara budaya dengan alam dan pemandangan yang disuguhkan.